Cara Instalasi modul WYSIWYG pada Drupal 7

- 15.34
advertise here
advertise here

Cara Instalasi modul WYSIWYG pada Drupal 7

abupor's picture
hint-tips
Sedikit penjelasan tentang modul pada drupal Modul adalah komponen tambahan yang berguna untuk mengembangkan atau menambah fungsi-fungsi dari Drupal. Jika Anda biasa menggunakan CMS lain modul lebih dikenal dengan istilah Extension (Joomla) atau Plugin (Wordpress).
Secara Default jika Anda menginstall Drupal sebenarnya Anda tidak memerlukan modul tambahan, karena Drupal sudah memiliki modul-modul standar yang baik dan cukup untuk membangun blog atau situs skala kecil. Hampir sebagian besar software yang didistribusikan bebas, secara umum dipaket dalam bentuk modular sehingga pengguna bisa menggunakan perangkat lunak tersebut sesuai dengan yang dibutuhkan saja. Dengan penggunaan modul yang efisien akan meningkatkan performance dari situs yang kita buat.
Kejelasan konsep dari situs yang kita buat akan meminimalisasi penggunaan modul tambahan sehingga situs menjadi lebih efisien, cepat dan tangguh. Modul inti Drupal pun masih bisa kita non aktifkan untuk meringankan unjuk kerja situs. Pelajarilah kegunaan modul inti dan modul tambahan/kontribusi sehingga modul yang Anda aktifkan dan modul kontribusi yang Anda tambahkan benar-benar yang Anda butuhkan.
Secara umum modul pada Drupal dibagi menjadi 3 yaitu:
  1. Modul inti (Core Module)
  2. Modul Tambahan (Contributed Module)
  3. Modul Buatan sendiri (Custom Module)

Modul WYSIWYG adalah modul antarmuka Drupal dengan pustaka-pustaka tambahan yang (biasanya) berhubungan dengan teks editor. Dengan modul ini Anda bisa memanfaatan lebih dari satu teks editor pada situs Drupal Anda. Pustaka tambahan yang sering digunakan adalah CKEditor, TinyMCE, Whizzywig dll. (Paragraf ini ditambahkan oleh Admin) 
  1. pertama-tama yang harus kita siapkan adalah:
    • Aplikasi FTP : saya menggunakan filezilla bisa di unduh dan di install pada UBUNTU SOFTWARE CENTER 
    • Modul WYSIWIG dapat di unduh pada website: http://drupal.org/project/wysiwyg dan pilih sesuai verid yang Anda gunakan 
  2. kemudian setelah bahan/tool sudah tersedia langkah pertama pemasangan modul WYSIWIG yaitu : Login pada drupal anda ---> kemudian pada tolbar atas pilih menu MODULES ---> klik install ne module---> pilih module WYSIWIG dari drive local komputer ---> klik install 
  3. setelah terinstall modul WYSIWIG akan muncul di panel Modules USER INTERFACE bukan tabel CORE, centang pada radio button untuk meng-enable dan klik Save configuration 
  4. kemudian klik configuration (yang berada pada kanan panel modul WYSIWIG yang ada roda giginya) ---> Terlihat bahwa CKEditor belum terpasang, untuk memasangnya unduh CKEditor dari situsnya, bukan Paket Module CKEditor dari Drupal. Gampangnya klik saja link CKEditor (Download), dan pasang CKEditor pada direktori yang ditunjukkan pada instruksi di bawahnya bukan pada direktori Module seperti pada module-module yang telah terpasang. Intruksinya seperti ini : Extract the archive and copy its contents into a new folder in the following location: sites/all/libraries/ckeditor So the actual library can be found at: sites/all/libraries/ckeditor/ckeditor.js 
  5. setelah mendownload extrak file ckeditor pada directory /home ---> buka aplikasi filezilla koneksikan dengan domain anda ---> copykan folder ckeditor pada yang ada disebelah kiri ke /public_html/sites/all/libraries yang ada di sebelah kanan. ( ngopi dulu gan) 
  6. Setelah sukses di copykan ke hosting anda Cek kembali Panel Module untuk melihat apakah CKEditor sudah terdeteksi atau belum, dan setelah itu kita dapat mengkonfigurasikan tampilan CKEditor. 
  7. CKEditor diatur di Configuration ---> Content Authoring ----> WYSIWYG Profiles. Konfigurasi yang diatur diantaranya adalah menentukan profil Text Editor yang mencakup tombol-tombol text editing. 
  8. Untuk memulai configurasi klik tombol edit yang ada pada tabel Wysiwyg profiles ----> centang fitur-fitur yang dibutuhkan untuk digunakan pada ckeditor 
  9. setelah selesai klik Save, dan cek untuk melihat hasilnya di menu Content ---> Add Content.
Advertisement advertise here

1 komentar:

avatar

Mantap ,,akhirnya nemu juga thnkyu hehe


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search