Dasar Views 6!

- 18.27
advertise here
advertise here

Dasar Views 6!

Ki Drupadi's picture
Drupal Views 2
Melanjutkan seri Dasar Views 5! yang membahas cara menampilkan Views dengan built-in kontainer, Dasar Views 6! ini membahas kontainer Views dengan menggunakan modul tambahan, yakni memanfaatkan modul-modul kontainer display yang mengenali modul Views.
Beberapa yang banyak digunakan adalah modul Panel, Quick Tab dan Display suite. Sebagai contoh, pada artikel ini hanya membahas 2 modul saja yakni modul Panels dan Quick Tab. Pada tutorial ini diasumsikan sudah terinstall dengan benar modul Panel dan Quick Tab serta berjalan dengan baik pada Drupal terpasang. Berikut tutorialnya.
Menampilkan dengan Panel.
Berikut contoh view yang ditampilkan dengan panel.

Setiap panel biasanya memiliki alamat URL tersendiri. Menampilkan view dengan panel mirip dengan menampilkan view dengan built-in display jenis Page. Bedanya dengan panel kita bisa memasukan beberapa view sekaligus dan juga bisa digabungkan dengan jenis konten yang lain seperti Block, menu dan banyak lainnya sedangkan dengan display Page satu URL page hanya bisa menampung 1 buah view saja.
Untuk memasukan view ke dalam panel, buatlah sebuah Page dari panel. Kemudian pada bagian konten pilihlah jenis view yang telah kita buat. Semua views yang kita buat otomatis dikenali dengan baik oleh Panel dengan menampilkannya dalam sebuah daftar view seperti gambar berikut.

Menampilkan dengan Quick Tabs.
Quick Tab merupakan modul display yang bisa menampilkan konten dan elemen view dalam bentuk Tab Page. Berikut contoh gambar tampilan views yang ditampilkan dalam bentuk tabs.

Seperti pada Panel, QuickTab juga mengenali secara otomatis semua view yang telah kita buat. Untuk menampilkannya dalam QuickTab kita hanya tinggal memilih jenis view yang ditampilkan dalam daftar, secara otomatis View akan ditampilkan dalam QuickTab.
QuickTab berperilaku seperti Block jadi Quicktab yang kita buat akan muncul dalam daftar Block yang ada di situs Drupal kita. Blok QuickTab tersebut bisa kita tempatkan di region manapaun sesuai dengan yang dimiliki oleh Tema. Setiap tema memiliki jumlah region dan tata letak yang berbeda-beda. Silakan memilih region sesuai dengan keinginan kita.
Berikut contoh gambar daftar view yang muncul dalam konten Quick Tab. Masuk ke menu AdministerSite buildingquicktabs.


...enlightened
Advertisement advertise here


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search