- 15.45
advertise here
advertise here

Dasar Views - Next level 1

Ki Drupadi's picture
Drupal Views 2
Melanjutkan artikel view yang lama tidak dilanjutkan, semoga masih bermanfaat bagi Drupaler semuanya karena bagian ini sebenarnya sebagian besar telah kami jelaskan berupa jawaban pada beberapa thread yang membahas view. Pengaturan field pada View yang cukup bermanfaat dan lumayan sering kita temui pada situs-situs terkenal adalah menjadikan data yang tersimpan menjadi sebuah link yang aktif
Pada beberapa field bawaan, field memiliki parameter yang bisa menjadi link yang aktif tetapi spesifik pada target tertentu. Seperti field [title] yang memiliki parameter link to this field its node, atau field [name] yg memiliki Link this field to its user. Tidak semua field memiliki parameter tambahan ini dan parameter tambahan ini menjadikan target link menjadi tidak fleksibel.
Untungnya views memiliki menu pengaturan [x]Output this field as a link pada setiap parameter fieldnya, yang berfungsi untuk mengubah data field menjadi sebuah link yang bisa di klik. Parameter yang wajib diisi adalah link path, sedangkan parameter lainnya adalah opsional. Dengan mengisikan sebuah alamat URL atau alamat node Drupal pada kotak link path menjadikan sebuah field menjadi aktif. Contoh pengisian link-nya adalah sebagai berikut:
  • node/add/blog, untuk alamat path internal drupal
  • http://drupal.org, untuk alamat url eksternal
Beberapa parameter lain yang bermanfaat adalah Alt text, apabila diisi akan menampilkan teks pada link berupa baloon tips. Agar tampil dinamis anda bisa mengisikan teks dari token yang tersedia dari pilihan field yang Anda gunakan, misalnya [title], [comment], [author] dll
Parameter lainnya adalah Target, isiannya adalah _blank, _parent atau nama iframe. Yang sering digunakan adalah _blank yang apabila diisikan akan mengakibatkan halaman yang ditampilkan dari link yang di klik ditampilkan pada jendela baru atau tab baru.
Untuk parameter lainnya silakan Anda eksplore sendiri, karena cukup mudah untuk dipahami. Lebih jelasnya perhatikan gambar berikut dan contoh  pengisian parameter field pada pengaturan Output this field as link.
Gambar view
Berikut contoh views yang menerapkan field as link, dengan [teaser] sebagai baloon tipsnya dan target membuka jendela/tab baru.

Advertisement advertise here


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search