Dasar Views - Next level 3

- 18.30
advertise here
advertise here

Dasar Views - Next level 3

Ki Drupadi's picture
Drupal Views 2
Langsung tarik saja nih, karena kasus di sini juga tidak jauh-jauh amat dari artikel-artikel Views yang sedang dibahas, untuk mempersingkat waktu penulisan artikel, hasil views di artikel sebelumnya cukup di Clone saja, sehingga setingan viewsnya sama saja. Untuk proses kloning views yang perlu diperhatikan adalah nama views hasil kloning harus berbeda dari sumbernya.
  • Langkah pertama langsung tambahkan Display baru berjenis attachment, seperti gambar dibawah ini.

  • jika sudah diklik Add Display akan tampil seperti dibawah ini, dimana data daftar field-fieldnya sekarang menjadi berwarna abu-abu dan bercetak huruf miring. Hal ini menandakan bahwa data daftar field dan setingan display Attachment sama persis dengan setingan Default displaynya.

  • Setingan yang wajib diisi/diperhatikan pada display attachment adalah pada bagian Attach to, sebagai contoh kita pilih Attach to: default displaynya. Artinya attachment views yang kita tambahkan akan kita tempelkan pada display views defaultnya. Pada opsi Position kita ganti menjadi After, maksudnya adalah attachment display yang kita tambahkan kita tempelkan setelah default displaynya.
  • kemudian klik view style pada display attachment, yang sebelumnya unformated kita ubah menjadi HTML list, kemudian wajib klik tombol Override. Maksudnya adalah agar style views pada attachment display menumpuk/menggantikan unformated style views yang ada pada default display.

  • Kemudian kita ubah daftar field pada Fields dan kita sisakan field Node:Title saja sedangkan yang lainnya kita hapus saja, jangan lupa klik tombol Override.

  • Untuk Items to display (menu Basic settings) pada default display yang tadinya 10 kita ubah menjadi 1 saja, sedangkan Items to display pada attachment displaynya kita ubah menjadi 5 dan isikan nilai Offsetnya menjadi 1 setalah itu jangan lupa klik tombol overridenya. Lihat gambarnya

  • Setelah klik tombol Update akan tampil previewnya seperti gambar dibawah ini

  • Default displaynya menampilkan 1 buah data konten terbaru, sedangkan Attachment displaynya menampilkan 5 buah data artikel terbaru setelah artikel pertama yang ditampilkan di Default displaynya. Tampilan diatas adalah tampilan standar Preview display menggunakan tambahan display page.
  • Untuk manipulasi displaynya kita tinggal mencontek seperti contoh style.css yang ada di artikel sebelumnya dengan mengubah ID dari views yang kita gunakan. Contoh kodenya:
#view-id-view_attach_teaser-page_1 img 
{
float: left;
border: 1px solid grey;
padding: 4px;
margin-right: 5px;
background: blue;
}

Hasil akhirnya tampil seperti ini...... 
Untuk memantapkan attachment views ini Anda bisa membaca Artikel serupa yang ditulis oleh @fasthan.
Advertisement advertise here


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search