Dasar Views - Next level

- 18.31
advertise here
advertise here

Dasar Views - Next level

Ki Drupadi's picture
Drupal Views 2
Setelah meresapi 6 buah artikel dasar tentang views, sekarang kita lanjutkan pengetahuan dasar lainnya. Dalam artikel-artikel sebelumnya praktis hampir tidak ada pengubahan parameter pada views yang kita buat. Pada rangkaian tutorial berikutnya akan kita peljari beberapa parameter dasar views yang bisa kita kostumisasi agar tampilan views kita lebih menarik dan tentunya lebih informatif dalam menampilkan kontennya.
Sekarang kita mulai dari parameter Rewrite the output of this field...
Parameter ini digunakan untuk memanipulasi ulang tampilan dari data field yang kita pilih. Kita bisa memanfaatkan token yang tersedia dan mengformatnya dengan HTML format atau dengan kelas CSS yang telah kita definiskan. Sebagai contoh kita akan menggunakan token [title] dan token [name] yang kita format dengan pengformatan teks tebal dan teks miring. Berikut langkah-langkahnya:
  • Aktifkan kotak opsi Rewrite..., akan muncul kotak editor yang berguna untuk mengisikan pengformatan data pada field yang kita pilih.

  • untuk mengubah teks menjadi tebal pada judul konten kita gunakan token [title] yang merupakan variabel data dari judul konten, kemudian kita format dengan format html untuk huruf tebal yakni <strong>..</strong>. Lihat gambar berikut untuk contoh pengisiannya...
Daftar token yang ditampilkan tergantung dari jumlah field yang kita pilih. Nama variabel token dalam kurung siku mewakili nama field yang kita tambahkan.

  • untuk mengubah teks menjadi miring pada penulis konten kita gunakan token [name] yang merupakan variabel data dari nama user, kemudian kita format dengan format html untuk huruf miring yakni <cite>..</cite>. Lihat gambar berikut untuk contoh pengisiannya...

  • Hasil akhir dari pengformatan views tersebut adalah seperti gambar berikut ini.
Advertisement advertise here


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search