- 15.42
advertise here
advertise here

Dasar Views - Reloaded

Ki Drupadi's picture
Drupal-Views-3.png
Ini bukan tulisan yang isinya benar-benar baru, tetapi merupakan ulangan dari tulisan seri Dasar Views sebelumnya yang diaplikasikan pada Views versi 3.xdengan Drupal versi 7.x. Karena tampilan interface dan cara penggunaan yang lumayan berbeda, artikel ini diharapkan bisa menjembatani kesenjangan interface antara Views 2.x pada D6 dengan Views 3.x pada D7.
Catatan penting pada Views 7x-3x ini adalah ketergantungan dengan modul Ctools minimal versi alpha 4 agar bisa berjalan baik dan anehnya kita dipaksa untuk menghapus cache dari sistem Drupal (configuration>performance>clear all cache) sebanyak 2 kali sebelum dapat menjalankannya dengan sempurna. Demikian sedikit catatan dari modul views versi 3.x sebelum kita lanjutkan langkah-langkah membuat views selanjutnya.
  • Untuk membuat Views baru kita menuju menu Structure>Views > Add new view. Akan tampil gambar seperti berikut ini :
  • Anda cukup mengisikan nama views saja dengan semua parameter default. Pada bagian Showpilihannya defaultnya adalah Content, maka akan tampil hasilnya seperti ini:
Perhatikan hasil previewnya, nampak dengan jelas hasilnya adalah berupa daftar artikel yang kita miliki lengkap berisi judul artikel, nama pengirim, tanggal kirim dan ringkasan artikelnya bahkan alamat URL halaman viewnya langsung dibuat secara otomatis. Sangat mudah dan instan tanpa membuat setingan tambahan apapun.
Sayangnya setingan yang serba otomatis membuat kaget pengguna views versi 2.x karena ternyata kita tidak bisa memilih bagian-bagian artikel (judul, pengirim, tanggal kirim, teaser) tersebut secara terpisah karena kelompok daftar FIELDSnya ternyata tidak bisa diubah.surpriseMenyebalkan ...!!
Eiiiits tunggu dulu, ternyata kita masih bisa memilah-milah bagian artikel tersebut yang akan kita tampilkan sesuai keinginan kita, karena untuk mengubahnya kita hanya tinggal memilih opsi Fieldsyang terletak pada kelompok FORMAT bagian Show yang nilai defaultnya adalah content. Nah sekarang kita tinggal bebas memlih begian artikel mana yang akan kita tampilkan apakah Judulnya saja atau Judul dengan tanggal kirimnya silakan pilih dari daftar field yang tersedia. Perhatikan gambar berikut letak opsi Field agar kita bisa memilih elemen artikel secara terpisah-pisah..
Dan Jadilah kita menikmati tampilan seperti pada views versi sebelumnya yang dengan bebasnya kita bisa memilih bagian-bagian dari suato node untuk kita tampilkan.
  • Jika masih belum puas dengan tampilan views yang baru ini, silakan klik menu link Advanced yang ada disebelah kanan-atas setingan views sehingga semua setingan manual akan tampak seperti yang biasa kita lihat pada Views versi 2.x pada Drupal 6. Lihat gambar seutuhnya berikut ini... 
Sudah puas melihat-lihatnya? mirip versi sebelumnya bukan? 
Sekarang kita tinggal menggunakan cara pengaturan views seperti pada tutorial Dasar View seri sebelumnya, karena secara tampilan sudah mirip banget dan ternyata memang secara fungsi juga tidak berbeda-beda amat tinggal berimprovisasi saja..
Ini contoh hasil improvisasi penataan ulang field dengan cara manual per elemen field.
Jika Anda masih belum menemukan daftar field sperti gambar diatas, Anda bisa memanfaatkanRELATIONSHIP untuk memilih field dari daftar table lainnya.
Dan gambar dibawah ini adalah contoh hasil tampilannya, mirip bukan hasil tampilannya dengan setingandefault show:content
Selamat berviews ria. CMIIW...cheeky
Advertisement advertise here


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search