Dasar Views !

- 18.22
advertise here
advertise here

Dasar Views !

Ki Drupadi's picture
Drupal Views 2
Judulnya bisa dibaca dengan sedikit nada umpatan, tepatnya mungkin umpatan hati yang pernah mengalami susahnya mempelajari module Views, tapi makna sebenarnya adalah Dasar-dasar mengenal Views.
Setelah sekian lama bergelut dengan views dan mendalaminya akhirnya jadi kepengin berbagi pengetahuan dengan Drupaler semua... Artikel ini merupakan artikel pertama dari serangkaian artikel yang membahas tentang views dari pengenalan fungsi hingga cara membuatnya dengan cara yang paling sederhana. Views yang digunakan adalah versi 2.x yang berjalan dalam Drupal 6.x
Kenapa sih harus mengenal modul views.?
Hampir 90% (angka ini hiperbolis saja krn memang ngga ada data validnya) Situs-situs terkemuka yang dikembangkan dengan Drupal menggunakan views. Ada yang bilang Views adalah pasangan serasi dari CCK karena dengan CCK kita bisa merombak daftar isi dari konten dan dengan Views kita bisa menampilkan hasil rombakan tersebut dengan seluas dan sebebas-bebasnya. Itu terjadi sebelum munculnya Drupal 7, dengan kemunculan Drupal 7 sekarang Views seolah-olah menjadi berdiri-sendiri karena CCK-nya sudah menyatu menjadi Modul initi D7. Menurut bocoran info, Views akan menyatu menjadi Core Drupal pada versi D8... apa iya yah.?
Secara default Drupal menampilkan node/konten berupa Judul konten, pengirim dan tanggal posting. Dengan memanfaatkan Views kita bisa menampilkan konten secara lebih detail misalnya menambahkan jumlah komentarnya, user yang terakhir membaca, total yang membaca dan banyak lagi. Atau sebaliknya menjadi sangat ringkas seperti menampilkan Judulnya saja. Berikut beberapa keuntungan views:
  • Membuat tampilan konten secara berbeda-beda  dengan sumber konten yang sama.
  • Membuat tampilan sebuah konten menjadi lebih detail dan terperinci.
  • Menggabungkan tampilan beberapa jenis konten menjadi satu tampilan terkostumisasi.
  • Bisa menampilkan konten untuk user atau roles tetentu.
  • Anda tidak diwajibkan untuk menguasai bahasa pemrograman untuk membuat view.
Tampilan View konten yang kita hasilkan bisa ditampilkan dengan berbagai macam Style bisa berupa tampilan table, daftar yang berurut, tampilan multikolom atau Grid bahkan bisa dianimasikan berupa slide yang bergantian dengan menambahkan pengaya Views seperti View Slideshow.

Hasil default view tidak bisa ditampilkan secara langsung tetapi memerlukan kontainer untuk menampilkannya. Untungnya modul Views memiliki kontainer built-in sehingga bisa menampilkan Views berupa Block yang mudah dipindahtempatkan atau menjadi halaman Page yang memiliki alamat Url sendiri bahkan gabungan dari keduanyapun bisa pula dilakukan. Jika menggunakan Kontainer pihak ketiga kita bisa menampilkan Views dalam Panels, Quick Tabs, Display suites dan banyak lainnya.

Akhirnya selamat menikmati seri artikel Dasar Views ! selanjutnya :
Advertisement advertise here


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search