Dasar Views !!!!

- 18.24
advertise here
advertise here

Dasar Views !!!!

Ki Drupadi's picture
Drupal Views 2
Tutorial Dasar mengenal Views bagian 4. Pada bagian terakhir ini kita akan mengenal beberapa bagian dari Views yang bermanfaat dan bisa jadi akan sering kita gunakan dalam membuat situs yang informatif dan dinamis.
  • Setelah bisa menampilkan data dan merubah stylenya sekarang kita merubah criteria (pengurutan data) berdasar field yang kita pilih. Pada contoh kita akan mengurutkan data berdasarkan tanggal pengiriman node dimulai dari tanggal pengiriman terbaru.
  • Pada bagian Sort Criteria pilih field Node: Post date dgn mengklik tombol (+) dan add, kemudian pilih opsi Descending, lihat gambar berikut.

Anda bisa menambahkan lebih dari 1 kriteria pada tiap Views, 
untuk menambahkan kriteria lainnya Anda tinggal menekan tombol (+) 
pada group Criteria. Urutan eksekusi kriteria berdasarkaan urutan daftarnya.
  • View akan ditampilkan berdasarkan tanggal pengiriman node yang paling baru. Pada node yang memiliki tanggal pengiriman sama, urutan akan dibedakan berdasarkan waktu pengirimannya dari jam/menit/detik. Lihat gambar berikut

  • Pada gambar semua jenis konten ditampilkan semua diurutkan berdasarkan tanggal pengirimannya.
Anda juga bisa menambahkan Filter lebih dari 1 pada sebuah Views
  • Sekarang kita akan memilih satu jenis konten saja yang ditampilkan. Klik tombol (+) pada bagian Filters pilih node:type dan Add. Pada bagian operator pilih opsi Is one of, pada bagian Node type dipilih artikel (artikel merupakan jenis Blog yang diganti namanya, pada setingan standar anda mungkin tidak menemukan jenis konten ini dan Anda bisa memilih jenis lainnya misalkan Blog). 

  • Hasilnya view akan tampak seperti gambar berikut dimana View ditampilkan berurutan berdasarkan tanggal pengiriman dan hanya jenis Artikel saja yang ditampilkan.

Akhirnya 4 buah tulisan berurutan ini kami cukupkan sampai disini sebagai pengantar mengenal modul Views, inipun baru sebatas yang kami ketahui karena masih banyak parameter yang lain yang sebenarnya juga pantas untuk dibahas. Kritik saran dari rekan2 Drupaler sangat kami harapkan, atau jika mau menambahkan juga diperbolehkan melalui komentar-komentarnya.  Eh.. ternyata masih ada terusannya..
Advertisement advertise here


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search