Disable modul via PhpAdmin

- 15.37
advertise here
advertise here

Disable modul via PhpAdmin

Ki Drupadi's picture
hint tips
Bagi Anda yang sering bongkar pasang modul seringkali mengalami kegagalan pada sistem Drupalnya. Hal ini biasanya terjadi karena adanya Modul yang belum stabil karena masih development ataupun karena spesifikasi perangkat keras kita yang terbatas terutama dalam palokasi memori untuk memori PHPnya. Akibatnya situs kita banyak menampilkan pesan error yang menyebalkan dan mengganggu, atau kita tidak bisa mengakses lagi halaman Administernya bahkan yang paling parah terjadi WSOD alias White  Screen Of Death alias mati gaya eh.. mati total.
Ada beberapa cara penyelamatan sistem diantaranya dengan mendisable kemudian menguninstall modul yang bermasalah tersebut tapi khan halaman Administernya gak bisa diakses malah sudah WSOD.?
Nah ini dia ada beberapa trik dari para master yang berhasil saya temukan berkaitan dengan mendisasble modul yang bermasalah. Syaratnya cuma satu Anda harus punya hak akses untuk masuk PhpAdmin yang pada situs-situs berbayar pasti sudah tersedia. Berikut beberapa kode SQL yang bisa digunakan untuk mendisable modul secara langsung melalui PHPAdmin tersebut.
  • Cara pertama, Ubah status modulnya dari 1 (enabled) menjadi 0 (disable) dengan query
UPDATE system SET status='0' WHERE name='module_name';  
dimana module_name adalah nama modul yang akan dinon-aktifkan, atau jika bingung untuk mendapatkan nama daftar nama modulnya Anda bisa menggunakan query berikut
SELECT name,status FROM system WHERE type='module';
  • Cara kedua, dengan menggunakan query berdasarkan nama file modulnya 
UPDATE system SET status = '0' WHERE filename = 'modules/comment/comment.module';
Demikian sedikit tips yang bisa Anda kerjakan sebelum Anda menginstall ulang sistem Drupal Anda karena frustasi yang berlebihan, tetap belajar, mencoba belajar Drupal lagi dan lagi, dan tetap semangat.!!!l.enlightened
Referensi artikel:
Advertisement advertise here


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search