Drupal 7

- 17.24
advertise here
advertise here

Drupal 7 di rilis pada tanggal 5 Januari 2011 setelah kurang lebih 2 tahun dalam pengembangan akhirnya bisa diluncurkan versi stabilnya. Para pengguna Drupal menyambut gembira peluncuran ini dengan mengadakan Drupal Released Party yang dirayakan bersama pada tanggal 7 Januari 2011 di seluruh dunia. Begitu hebatnyakah versi Drupal terbaru ini sehingga perlu dirayakan, marilah kita bongkar habis-habisan melalui Buku Drupal 7 ini bersama-sama.


Fitur terbaru

admin's picture
Berikut fitur terbaru Drupal versi 7:
  1. Easier Installation, Anda tidak perlu lagi ngutak-atik file settings.php sehingga instalasi lebih mudah.
  2. Dashboard, kumpulan menu administer yang terintegrasi
  3. Overlay, nuansa AJAX dalam menampilkan menu.
  4. Bartik : New Default themes
  5. Article and Basic Page, tipe konten standar pengganti Story dan Page.
  6. Creating, managing  and extending Content Type, dengan tertanamnya CCK dalam core Drupal struktur field pada tipe konten baru bisa dikembangkan dengan mudah.
  7. Text Format, pengganti input format yang lebih baik. Pengformatan teks lebih baik dengan berdasarkan roles.
  8. Image style, pengganti modul image attach berfungsi untuk memasukan image pada field imagekonten dan menampilkannya dalam setingan yang berbeda.
  9. Update Manager, modul untuk bongkar pasang modul dan tema baik dari paket modul/tema lokal maupun melalui ftp secara online.
  10. RDF, pengaya metadata konten agar semakin mudah dikenali oleh mesin pencari dan meningkatkan rangking dalam search engine tersebut.
  11. Cron, mengerjakan cron jobs otomatis melalui situs sehingga lebih mudah dan tidak perlu pengaturan melalui Control Panel hosting.
  12. Teaser as field, teaser merupakan field terpisah dari field body kontennya sehingga mudah dalamtheming dan konfigurasi terutama jika menggunakan modul Views.
  13. Comment as node. Komentar merupakan node yang terpisah dari konten walaupun digunakan untuk mengomentari suatu konten.
  14. Profile pengguna bukan merupakan modul tetapi menyatu dalam system Drupal.
Sedangkan fitur bawaan dari Drupal 6 adalah:
  1. Multi sites, instalasi banyak situs hanya dengan 1 instalasi Drupal.
  2. Multi bahasa, satu situs dengan beragam bahasa baik interface maupun kontennya.
  3. Multiuser Blogging, Situs bloging dengan banyak user.
  4. Multi Database, bisa dipasang pada banyak jenis database bukan hanya MySQL saja tapi bisaPostgreSQLSQLiteMariaDBMongoDB bahkan dengan MS-SQL dan Oracle.
  5. Built-in Forum engine, modul untuk membuat forum diskusi yang terintegrasi pada situs sehingga tidak memerlukan pendaftaran user lagi untuk menikmati layanan forum diskusi tesebut.
  6. Built-in Clean-URL, modul untuk menghasilkan alamat URL yang bersih sehingga mudah dikenalisearch engine dan meningkatkan rangking situs Anda, terutama pada search engine Google.
  7. Unlimited User roles, bisa membuat Kelompok pengguna hingga tak terbatas bukan hanya administrator, editor, poster saja.
  8. Unlimited Content type. Bisa membuat jenis konten baru yang berbeda-beda, bukan sekedar berbeda berdasarkan kategori dan tag saja tetapi berbeda struktur datanya bahkan berbeda hak perijinannya.
  9. Multiple tagging, tiap jenis konten bisa memiliki lebih dari kategori dan tag hingga tak terbatas.
  10. Acces Roles, berfungsi untuk mencegah pengguna liar dan memblokir alamat IP Address.
  11. Cascading Comment,  Drupal memiliki struktur komentar bertingkat sehingga memudahkan pengguna untuk mengetahui komentar tersebut ditujukan untuk siapa. Selain itu komentar juga bisa di non-aktifkan pada tiap jenis konten sehingga bisa digunakan untuk membuat konten yang benar-benar bersih dari spam dan komentar tak bertanggung jawab. 
  12. And more....

Modul tambahan yang menjadi modul inti

admin's picture
Drupal 7 hadir dengan penambahan modul-modul tambahan yang lebih dikenal sebagaiContribute module untuk memperkuat sekaligus menambahkan fungsi-fungsi utama Drupal agar lebih mudah digunakan. Modul-modul tambahan ini ada yang diambil secara utuh ataupun diambil sebagian fungsi kegunaannya. Biasanaya modul yang diambil secara utuh maka versi 7.x dari modul tersebut tidak tersedia lagi tetapi jika diambil sebagian fungsinya masih tersedia untuk versi 7.xnya.
Jika Anda masih menggunakan Drupal 6 maka dengan menambahkan modul-modul ini Drupal 6 Anda memiliki kemampuan dan fungsi yang mirip dengan Drupal 7. Tidak sama persis tetapi minimal Anda akan merasakan fungsi dan kegunaan yang sama dengan keterbatasan resources di sistem Anda. Berikut daftar modul-modul tambahan pada versi Drupal 6 yang sekarang menjadi modul inti Drupal:
  1. CCK:
  2. Image, Image cacheImage API:
  3. Poormanscron:
  4. Plugin Manager:
  5. Token:
  6. Vertival Tabs:
  7. Toolbar:
  8. Admin hover:
  9. Auto menu title:
  10. Block Node Visibility:
  11. Comment display:
  12. Site Config Permiision (Custom Permission):
  13. JQuery UI:
  14. Content Taxonomy:
  15. 404 Block:
  16. Admin role:
  17. Autoload:
  18. AHAH helper:
  19. Checkbox validate:
  20. File field:
  21. Field taxonomy:
  22. Taxidermy:
  23. RDF:
  24. Upload preview:
  25. Simple test:
  26. Filter defaultBetter Format:'

Tema Standar

admin's picture
Setelah bertahun-tahun tema Garland menempel manis pada Drupal 6 akhirnya Drupal 7 hadir dengan beberapa tema standar yang menarik. Tema Bartik menjadi tema utama instalasi Drupal 7 selain tema Seven dan Stark sebagai tambahannya. Namun Drupal 7 juga masih menyertakan temaGarland sebagia opsi untuk adaptasi dari tema yang lama.
Setiap tema pada Drupal memiliki region (Area pada tema untuk menampilkan isi konten) yang berbeda-beda jumlah dan tata letaknya tergantung dari developernya. Tetapi sejak Drupal 7 ada nama-namaregion standar yang wajib ada jika kita ingin membuat Tema sendiri, nama region tersebut adalah
  • Help
  • Highlighted
  • Feature
  • Content
  • Footer 
Tema-tema standar terinstall pada folder [Drupal7]/themes. Jika anda akan menginstall tema baru sangat dianjurkan tidak menggunakan folder tema system ini karena akan mengakibatkan kesulitan ketika kita mengupdate core Drupal. Folder yang dianjurkan untuk instalasi tema tambahan adalah [Drupal7]/sites/all/themes.

Update versi minor Drupal 7.0 ke Drupal 7.x

Ki Drupadi's picture
Pada Drupal dikenal dua istilah Upgrade dan Update untuk mengubah versi Drupal yangdigunakanIstilah Upgrade digunakan apabila kita akan mengubah versi mayor Drupal misal dariversi 6.x ke 7.xsedangkan istilah Update digunakan untuk mengubah versi minor Drupal misal dariversi 7.0 ke 7.4.
Semua proses upgrade dan update perlu dipertimbangkan dengan matangdan yang perlu diperhatikanadalah tujuan dari kedua proses tersebut apakah untuk menjaga keamananmenambah performanceataukah sekedar berpindah versi saja agar up todateApabila masalahnya adalah masalah security makasangat diwajibkan jika Anda mengupdate Drupal Anda dengan versi terbaru.
Cara mengupdate Drupal:
  • Yang paling utama dalam proses Update ini adalah Anda harus menyelamatkan file settings.php,dan folder sites/all/files (folder ini berisi semua settingan instalasi Drupal lama Anda dan semua filesyg menampung file-file upload dan juga berisi semua modul dan tema tambahan situs lama Anda).Sedangkan file .htaccess adalah optional utk Anda selamatkan terutama jika Anda pernahmengutak-atik file ini.
  • Caranya sangat mudah yaitu ekstrak file paket Drupal terbaru (biarkan sj nama foldernya apaadanya biasanya bernama drupal-7.xx. (Cara ini mudah diterapkan pada komputer lokal atau livehosting dengan add-on domain atau sub-domain)
  • Copy-kan file settings.php dan folder files (beserta semua isinyake folder Drupal Anda yangbaruPerhatikan letak file dan foldernya. File settings.php harus diletakan di sites/default danfolder files diletakan di sites/all
  • Jalankan file index.php dari browser Andacontoh http://drupal-7.12/index.php
  • Jika situs berjalan normal berarti situs Drupal Anda sudah bisa digunakanlangkah selanjutnya gantifolder drupal-7.12 menjadi nama folder situs lama Anda (Jangan lupa untuk merename folder Drupal lama anda menjadi nama lain). Cara ini berlaku untuk Drupal yang terinstall pada subfolder (biasanya pada situs Add-on domain atau pada situs-situs gratisan). Jika Anda menginstall Drupalpada root folder hapus situs lama Anda dan copykan/pindahkan isi semua folder Drupal baru Andake root folder.
  • Sebaiknya Anda juga menjalankan perintah update (jalankan melalui browser file update.php) agar database Anda juga terupdate dengan baikJangan lupa melihat report dari situs Anda untukmemastikan semua proses diatas berjalan lancar dan normal.
  • Cara ini merupakan cara yang paling sering saya gunakanjika Anda mempunyai cara lain silakandicoba sendiri. Yang paling utama dari semua cara update Drupal adalah poin pertama dari langkah-langkah diatas.

Jika Drupal Anda terinstall pada root folder hosting Anda gunakan cara ini :
  • Download paket Drupal terbaru di situs resmi Drupal.
  • Ekstrak paket Drupal yang Anda undhuh.
  • Hapus folder site hasil ekstraksi Drupal diatas.
  • Paket kembali (dikompres/archive dgn Winzip,  Winrar atau sejenisnya) semua file/folder yang telah dibuang folder site-nya.
  • Upload hasil kompres diatas ke hosting Anda.
  • Ekstrak paket tersebut  dan langsung overwrite ke root folder Drupal.
  • Jalankan Update melalui situs Anda (situsanda.com/update.php) . Pastikan Anda mengubah status situs ke Maintenance mode.
  • Setelah update ubah lagi status ke Online mode.
  • Semoga sukses ... ( berdasarkan pengalaman ini adalah cara yang paling mudah dari semua cara diatas, dengan syarat Situs Drupal Anda diinstall dengan cara yang benar yaitu semua Tema, Modul dan Librari tambahan terinstall di folder site).

Upgrde Drupal 6.x ke Drupal 7.x

Cara mengupgrade Drupal:
  • yang dimaksud Upgrade Drupal adalah berpindah versi mayor Drupal, misal dari 6.x ke 7.x.
  • Anda Wajib mengetahui spesifikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan Drupal 7. Minimal yang harusAnda perhatikan adalah
    • Database Anda sudah terinstall PDO engine,
    • minimal PHP versi 5.2 sangat disarankan 5.3
    • memori PHP 64MB.
    • Jika situs Anda tidak memenuhi syarat minimal diatas sebaiknya lupakan saja untukmengupgrade.
    • Lihat selengkapnya.
  • Periksa modul dan tema dari situs lama Anda apakah sudah tersedia versi terbarunya (7x), Jikahanya tersedia versi dev sebaiknya Anda tidak perlu bernafsu untuk mengupgradenya.
  • Saran para pakar Drupal adalah atur situs lama Anda pada posisi standar Drupal terutama dalampenggunaan temanya (gunakan Garland), sedangkan modul-modul tambahannya harus dinon-aktifkan.
  • Saran saya pribadi (berdasarkan pengalaman), jika situs Anda menggunakan modul Views dankonten yang menggunakan CCK harus diselamatkan dengan sebaik-baiknya.
  • Untuk memantapkan proses upgrade (terutama jika konten Anda sudah banyak), Backup database Drupal lama Anda terlebih dahulu.
  • Jika semua langkah diatas terpenuhi Anda bisa melanjutkan seperti ketika anda melakukan prosesUpdate Drupal.

sumber : drupal-id.org
Advertisement advertise here

4 komentar

avatar

mau nanya...
misalnya setelah update drupal (drupal saya dari 6.27 --> 6.28) pake cara mas yg kedua.
tapi setelah update, halaman administernya gak bisa dibuka, gak ada pesan error, tapi nge-load nya lama banget.

Itu knapa ya mas?

avatar

mas mau tanya saya ada project pribadi untuk membangun sebuah website multi site dgn drupal disana ada forum, ada market place, ada sosial media dan portal berita nah ..saya masih awam configurasinya karena saya sama sekali blum menyentuk drupal selama ini familiar utk toko online dg opencart prestashop dan worpdress..thnx

avatar

Om, kalo mau buat image uploader gimana ya?
jadi saya mau buat button tulisan "share Design" nah nanti langsung ke file explorer, pilih gambar, upload.
hasil uploadnya nanti ada di page yang sama kayak button nya,
mohon bantuannya,,
vinci.esy.es


EmoticonEmoticon

Next Post This Older
 

Start typing and press Enter to search