Mereset Password Admin Drupal

- 22.19
advertise here
advertise here

Mereset Password Admin Drupal

Ki Drupadi's picture
Drupal sekuriti
Kadangkala kita mengalami situasi yang menyebalkan, ketika begitu banyaknya website Drupal yang kita buat dan kita lupa dengan password user adminnya. Hal ini terjadi karena kurang terdokumentasikan dengan baik situs-situs yang sedang dikerjakan, semoga rekan-rekan disini tidak ceroboh seperti yang pernah saya lakukan.
Mempunyai satu password yang spesial memang bagus, tapi bagaimanapun akan lebih baik jika kita memiliki password yang berbeda-beda untuk situs-situs Drupal yang kita miliki, terutama jika nantinya situs tersebut kita serahkan hak aksesnya secara penuh kepada klien kita. Asalkan kita masih bisa masuk ke Contol Panel hosting (localhost), maka kita masih bisa mereset Password admin Drupal.
Gunakan fasilitas PHPAdmin (bisa juga dengan Database manager lainnya), kemudian ketikan perintah SQL berikut:

UPDATE `users` SET `pass` = MD5('mynewpassword') WHERE `uid` =1;
Keterangan:
  1. `users` adalah nama tabel dari situs drupal kita yang menampung semua daftar user. Jika menggunakan table prefix pada saat instalasi, tambahkan tabel prefix tersebut. Contoh jika kita menggunakan 'd7_' sebagai tabel prefix, kode     `users` menjadi `d7_users`.
  2. 'mynewpassword' adalah nama password baru untuk menggantikan dengan password lama.
  3. `uid` =1, ini adalah nomer user ID dari user Administrator Drupal. Jika anda akan mengganti password pengguna lain selain Administrator gantilah angka 1 dengan nomer UID pengguna yang ada di daftar table `users`.
  4. MD5 adalah encoder standard untuk password untuk aplikasi Drupal (juga PHP), dan tidak boleh diganti dengan perintah lain.

Contoh Penggunaan:
  • UPDATE `users` SET `pass` = MD5('passwordbaru') WHERE `uid` =1;
  • UPDATE `users` SET `pass` = MD5('password25') WHERE `uid` =25;
  • UPDATE `dbd7_users` SET `pass` = MD5('passwordbaru') WHERE `uid` =1;
     
Catatan:

Semoga bermanfaat.
Advertisement advertise here


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search