Pengantar CCK + Views

- 18.35
advertise here
advertise here

Pengantar CCK + Views

Fasthan's picture
CCK adalah suatu cara untuk mengisi content dengan cara yang smart. Jika anda ingin memasukkan suatu content yang unsur-unsurnya seragam, inputlah melalui CCK.
Kasus content unsur seragam itu contohnya seperti ini
kasus content BUKU
Nama Buku (Title)
Gambar Sampul Buku (content)
Penerbit (content)
Tahun Terbit (content)
Nama Pengarang (content)
Keterangan (Body)
kasus content BERITA
Judul Artikel (Title)
Gambar Artikel (content)
Isi Berita (Body)
CCK merupakan cara untuk input dan sekaligus output. Output tersebut menjadi node.
Tetapi keuntungan terbesar dari CCK bukan hanya sekedar menampilkan output dalam bentuk node saja, tetapi hasil input nantinya dapat dibuat menjadi berbagai variasi  daftar (list). Untuk menampilkan daftar-daftar tersebut digunakan modul yang khusus berfungsi untuk menampilkan content dalam bentuk daftar (list). Modul tersebut bernama VIEWS.

Modul yang satu ini diakui pengguna Drupal sangat powerful dan menakjubkan. Manfaat hasilnya memang hanya berupa output. Tetapi bentuk output tampilan dari Modul Views tersebut dapat dibuat berbagai macam gaya : TABEL, GRID, GALLERY, DAFTAR HTML, SUBGALERY, SLIDESHOW dan banyaklagi. Daftar-daftar ini nantinya kita tampilkan pada halaman website untuk mengantarkan pengunjung web langsung ke node dengan cara melakukan klik pada salah satu unsur contentnya.

viewsslide
1. VIEWS BERGAYA SLIDESHOW dari www.kompas.com


viewsgrid
2. VIEWS BERGAYA GRID dari www.kompas.com


viewshtmllist
3. VIEWS BERGAYA HTML List dari www.kompas.com


Gambaran diatas yang saya paparkan belum menggambarkan keseluruhan kemampuan Views. Dengan modul Views kita mampu membangun sistem informasi yang sangat handal seperti layaknya para master PHP dan mySQL, tentu saja dengan cara yang mudah dan cepat dan tanpa memakai kode pemrograman.

Yang menarik bagi developer, Tampilan list tersebut bisa dibangun terlebih dahulu, ini artinya kita membangun sistem lebih dahulu, isi content belakangan. Begitu sistem dibangun, website bisa ditinggalkan untuk diinput oleh pengguna awam hanya dengan mengisi kolom-kolom pada Create Content.  Efeknya, pengguna awam mampu mengisi dan mengupdate content dan ditampilkan dengan cara profesional oleh sistem yang dibangun oleh modul Views.

Fasthan on http://www.fasthanweb.net
Advertisement advertise here


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search