Responsive Web Design - Resolusi 2012

- 15.43
advertise here
advertise here

Responsive Web Design - Resolusi 2012

admin's picture
omega - rwd
Tulisan ini sekedar pengantar untuk mengenalkan terminologi baru dalam dunia web design. Responsive Web Design kadang disingkat RWD memang lagi hangat-hangatnya dibicarakan dikalangan website designer. Sebenarnya juga tidak baru-baru amat karena teknologi ini sudah mulai dibicarakan sekitar 2 tahun yang lalu tapi perkembangannya sekarang lumayan pesat dan bagi yang suka dengan duniatheming Drupal, terminologi dan teknologi baru ini wajib untuk dipelajari dan diketahui.
Ketika kita mendisain sebuah situs atau website biasanya sudut pandang kita adalah situs kita akan dibuka dengan menggunakan PC atau Notebook dengan layar monitor yang lebar dan nyaman. Bermunculannya bermacam gadget dan device baru sebagai peralatan komunikasi seperti Tablet PC (kalau tidak salah Sabak Digital adalah terjemahan Indonesianya) Handphone, Smartphone menjadikan situs-situs internet bisa diakses melalui peralatan tersebut tidak hanya melalui PC saja. Dan hasilnya adalah tampilan situs yang kurang nyaman (biasanya tampilan terlalu kecil dan ditandai munculnya tombol zooming pada browser) atau terkadang malah berantakan karena menyesuaikan dengan ukuran monitor device yang sempit dan kecil.
Apakah RWD itu..?
RWD adalah konsep pendisainan sebuah website agar bisa menyesuaikan tampilan dari resolusi screendevice/gadget yang mengaksesnya, sehingga kontennya nyaman untuk dilihat dan dibaca. Bukan sekedar pendisainan secara manual tapi situs kita benar-benar otomatis menyesuaikan tampilannya tergantung dari device yang kita gunakan baik penempatan kontennya ataupun tata-letak dan image pendukungnya. Sama-sama telah kita ketahui bahwa lebar monitor PC atau Laptop adalah lebih lebar dari tablet PC dan Tablet PC lebih lebar dari hanphone atau smartphone sehingga apabila digunakan mengakses sebuah situs yang sama seringkali menghasilkan tampilan yang berbeda dikarenakan tema atau tata letak situs tersebut yang tidak responsive terhadap device yang mengaksesnya. Teknologi RWD ini sebenarnya memanfaatkan teknologi terbaru dari HTML5 dan juga CSS3 yang memiliki begitu banyak fitur dalam pendisainan suatu website.
Terus bagaimana caranya mendisain dengan konsep seperti itu, kelihatannya lumayan njlimet.?
Untungnya kita punya Drupal... lagi-lagi Drupal, ya iya laah... inikan ini situs komunitas Drupal. Sebagai sebuah framework, Drupal juga sangat responsive terhadap konsep teknologi baru ini. Para developer sejati Drupal telah mengadaptasi konsep ini dan mengeluarkan tema andalannya sebagai sebuahframework sehingga memudahkan para pengguna Drupal mendisain situs yang RWD ready.
Untuk framework tema RWD yang perkembangannya sangat menonjol adalah OMEGA, tetapiAdaptiveTheme tidak kalah bagus dan menariknya. Mohon maaf, untuk kali ini penggemar ZEN agak sedikit gigit jari karena framework tema ini kurang responsive terhadap RWD apalagi Acquia Marina (wk..wk..wk padahal sy juga penggemar berat tema AM ini).
Ayo buruan bikin situs dengan konsep RWD...! Jadikan sebagai resolusi di 2012..!!!
Responsive Web Design - Drupal
Gambar perbandingan tampilan situs yang diakses dari beberapa device, penggunaan konsep responsive web design pada layout (tema) situsnya mengakibatkan tampilan situs menyesuaikan tampilan sesuaidevicenya.
Sumber gambar diambil dari sini dengan beberapa perubahan kecil.
Sumber tulisan :

Advertisement advertise here


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search