Update Manager :: modul inti yang fancy

- 22.20
advertise here
advertise here

Update Manager :: modul inti yang fancy

Ki Drupadi's picture
drupal_book_icon.png
Pekerjaan menginstall dan menambah modul/tema merupakan pekerjaan yang hampir pasti kita lakukan apabila membuat situs berbasis Drupal. Bukannya Drupal tidak bisa berjalan tanpa modul tambahan, tetapi dengan modul-modul tambahan situs Drupal Anda menjadi lebih kokoh, tangguh dan powerfull. Sayangnya sampai dengan versi 6.0 pekerjaan ini lumayan membuat pusing apalagi bagi para pemula.
Untungnya dalam versi 7.0 ada modul core yang sangat memanjakan kita dalam menginstal modul/tema tambahan, tapi tunggu dulu modul ini memang belum langsung aktif sekalipun Anda menginstal Drupal dengan modus standar. Jadi untuk memanfaatkan modul Updata manager ini Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu melalui menu module. Perhatikan gambar berikut ini,
Update manager
Setelah Anda mengaktifkan modul Update manager ini akan muncul tombol shortcut diatas daftar modul/tema Anda, yang merupakan jalan pintas untuk menuju halaman instalasi modul/tema, lihat gambar berikut.
Update manager
Sekarang Anda sudah bisa memanfaatkan dengan mudah modul ini untuk menambah modul-modul Anda, caranya dengan memanfatkan fungsi broswsing dari koleksi modul Anda, dan berikutnya adalah fitur yang paling aku suka yakni menambahkan modul melalui URL dari alamat ftp yang sering kita temui dalam daftar modul dan tema di situs resmi www.drupal.org. Pokoknya Anda tidak akan rugi mengaktifkan modul ini jika Anda menginstal Drupal 7, pekerjaan bolak-balik ke Control Panel untuk bongkar pasang modul/tema sudah tidak kita butuhkan lagi.
Perhatikan gambar berikut ini cara mudah untuk menginstal modul/tema drupal dari link alamat ftp dari paket modul/tema yang ada di situs Drupal.org.
update manager
Gambar diatas adalah contoh instalasi modul tambahan melalui alamat URL ftp pada proyek CAPTCHA 7x. Cukup masukan alamat URL paket projectnya pada kotak Install from URL, mudah bukan?
Sedangkan pada halaman Appearance ketika modul Update manager diaktifkan akan tampil seperti berikut,
update tema drupal
update tema drupal
Gambar diatas adalah contoh instalasi tema tambahan melalui alamat URL ftp pada proyek tema Titan 7x.
Catatan :
  • Pada instalasi Drupal di subfolder, akan muncul kotak dialog untuk memasukan username dan password akun ftp atau akun control panel Anda ketika melakukan proses install.
Advertisement advertise here


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search