Memanfaatkan Taxonomy untuk berita terkait dan Headlines dengan menggunakan Slideshow

- 18.45
advertise here
advertise here

Memanfaatkan Taxonomy untuk berita terkait dan Headlines dengan menggunakan Slideshow

Fasthan's picture
Dulu saya bingung lihat slideshow koran online, koq bisa muncul slideshow ekonomi, kriminal, politik, ekonomi. Slideshow tersebut merupakan pencomotan berita penting dari masing-masing kategori berita.
Dengan pengetahuan saya terhadap FILTERS yang hanya berupa NODE TYPE dan NODE PUBLISHED, dipastikan pembuatan slideshow dengan menggunakan views membutuhkan satu content type baru berupa content type SLIDESHOW. Proses penginputan berita dilakukan 2 kali untuk berita yang merupakan headline.
Ternyata saya salah,..   Jawabannya yaitu dengan menggunakan TAXONOMY.
Misalnya kita membuat artikel berupa BERITA. Terus kita membuat subkategori berita berupa POLITIK, EKONOMI dan OLAHRAGA
Nah, kalau kita mau buat slideshow dengan filter Node Type: Berita, dipastikan slideshow yang muncul tidak terseleksi sesuai dengan keinginan kita.  Kita ingin memilih sendiri mana berita yang akan muncul pada slideshow yang berupa headline. Slideshow tersebut merupakan slideshow HEADLINES. Biasanya koran online menggunakan Views Slideshow DDBlock untuk menampilkan headline-nya.
Yang kita inginkan sekarang  membuat slideshow berupa headlines. Headlines tersebut bisa merupakan berita dari politik, ekonomi dan olahraga. Untuk tidak menghambat kecepatan loading website, slideshow dibatasi paling banyak 5 saja?

Tekniknya, GUNAKAN TAXONOMY.
  1. Buat Content Type: BERITA dengan Modul CCK.
  2. Buat TAXONOMY dengan VOCABULARY BERITA, term: POLITIK, EKONOMI, OLAHRAGA, dan HEADLINE (jangan lupa yang terakhir ini). Pastikan dalam membuat taxonomy pertamakali anda melakukan check pada required dan multiple.
  3. Melakukan pengisian content dengan CREATE CONTENT. Setiap berita yang diinput, jangan lupa input taxonomy. Misal kita pilih taxonomy POLITIK. Dari berita-berita tersebut, mana yang berupa headline kita tambahkan juga taxonomy headline. Misal salah satu berita ekonomi menjadi headline. Berarti taxonomynya: ekonomi, headline. Kalo berita politik yang bukan merupakan headline cukup menuliskan taxonomy : politikTetapi berita politik yang berupa headline, taxonomy-nya menjadi: politik, headlines
  4. Membuat VIEWS headlines dengan FILTERS seperti ini: Node Published: Yes, Node Type: Berita, Taxonomy Terms: headline. Basic Settings Style: Views Slideshow DDBlock. Pada Views Headline, batasi slideshow yang tampil 5 buah dengan cara konfigurasi pada BASIC SETTING, Item to Display: 5.
Buat juga masing-masing VIEWS untuk POLITIK, EKONOMI dan OLAHRAGA dengan cara yang sama dengan Headline kecuali pada Basic Settings STYLE.
Fasthan on http://www.fasthanweb.net
Advertisement advertise here


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search