Mengaktifkan Clean URL

- 09.00
advertise here
advertise here

Mengaktifkan Clean URL

admin's picture
Clean URLs adalah alamat URL yang bersih dari kode-kode pemrograman, beberapa program web development bisa dikenali dari kode yang muncul pada alamat URLnya. Bagi yang situsnya ingin masuk dalam rangking Google, opsi ini wajib untuk diaktifkan. Bagi Google alamat Clean URLs lebih mewakitli isi suatu konten (biasanya alamat Clean URL diambil dari Title suatu konten) dibandingkan Meta Tag yang ada pada suatu konten. Sedangkan Yahoo masih mendeteksi Meta tags sebagai gambaran isi dari suatu konten web. Selain itu dengan mengaktifkan Clean URLs situs kita akan bertambah keamanannya karena kode program situs hasil generate enginenya tidak ditampilkan sebagai baris kode.
Ketika membuka sebuah website kita kadang-kadang menemukan alamat situs seperti inidclear2
Sebenarnya alamat ini mengarah kepada suatu alamat konten yang mempunyai permalink node/18, jika kita telah mengaktifkan modul Path (modul inti drupal) judul alamat diatas  bisa diganti menjadi mis:selamat-datang (dipisahkan dengan tanda minus. Walaupun boleh menggunakan tanda spasi, tetapi tidak dianjurkan karena beberapa sistem tidak kompatibel dengan tanda spasi ini). Sekarang alamat yang tampil pada browser menjadi seperti ini
dclear1
Sudah lebih baik karena judulnya sudah cukup untuk menggambarkan isinya, tetapi untuk menghasilkan link yang benar benar bersih dari kode-kode seperti ?q=  dan agar lebih SEO Friendly kita harus mengaktifkan modul Clean URLs (modul inti).
clean-url-1
Dengan mengaktifkan modul ini maka tampilan alamat di browser akan berubah menjadi.
*Cat: Opsi pengaktifan Clean URLs ini, sekarang diadaptasi Joomla terbaru versi 1.7
dclear3
Sekarang benar-benar menjadi bersih dari kode-kode dan user friendly alias mudah dibaca dan dimengerti oleh pengguna.
> Artikel sejenis :
Advertisement advertise here


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search