Mengaktifkan Clean URL (Local Sites)

- 08.59
advertise here
advertise here

Mengaktifkan Clean URL (Local Sites)

admin's picture
Artikel ini masih berhubungan dengan Mengaktifkan Clean URL, namun yang dibahas sekarang penerapannya pada Website Lokal atau Local sites yakni situs yang hanya dijalankan pada komputer sendiri atau tidak terhubung jaringan internet.
Biasanya untuk membangun Website lokal menggunakan Web Development Environment yang didalamnya terintegrasi Webserver (biasanya Apache), Database Server/Admin dan PHP Compiler. Aplikasi yang banyak digunakan adalah [b]XAMPP[/b]dan WAMPP karena gratis dan mudah di konfigurasi, produk Indonesia ada juga yang gratis namanya Dongkrak.
Kembali ke topik awal, untuk bisa mengaktifkan Clean URL, Webserver harus meload library yang namanya rewrite modules /mod_rewrite. Secara default XAMPP atau WAMPP tidak me-load library mod_rewrite ini, karena itu jika kita menginstall Drupal dan mengaktifkan Modul Clean URL modul ini tampak disable dan tidak bisa diaktifkan. Perhatikan gambar berikut,
clean-url
Untuk mengaktifkannya kita harus mengubah konfigurasi Webserver agar me-load library rewrite modules yang terletak pada file httpd.conf. Silakan cari file ini di direktori instalasi web environment anda, atau biasanya ada short-cut khusus yang menuju file konfigurasi dari system icon aplikasi ini. Untuk mengeditnya cukup dengan aplikasi pengolah text biasa seperti notepad, perhatikan gambar berikut,
apache-clean
Lihat pada baris teks yang berwarna biru, Modul mod_rewrite secara default tidak diaktifkan karena pada awal baris ini ditandai dengan tanda pagar #. Untuk mengaktifkannya cukup dengan membuang tanda pagar # tersebut kemudian simpan file httpd.conf ini, setelah itu restart Webserver/Apache anda.
Setelah menjalankan konfigurasi baru ini bukalah situs Drupal Anda, lihatlah ke menu Admin-Site Configuration-Clean URLs. Sekarang modul Clean URLs sudah bisa diaktifkan sehingga address bar link website Anda menjadi lebih user friendly.
clean-url-1
Kalau kita mempunyai hosting di situs yang berbayar biasanya fitur ini sudah diaktifkan secara otomatis, tetapi kalau kita hanya mempunyai situs dengan hosting gratisan fitur ini tidak aktif dan terkadang memang tidak bisa diaktifkan. Artikel mendatang akan membahas aktifasi modul Clean URLs pada hosting gratisan yang tidak mengaktifkan fitur mod_rewrite. (Studi kasus pada situshttp://www.000webhost.com/)
Advertisement advertise here


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search